menambah berat badan

Pemahaman Dasar Menambah Berat Badan

Ada beberapa dasar pemikiran yang perlu Anda ketahui sebelum Anda menambah berat badan, di antaranya:

  1. Secara garis besar tubuh manusia terdiri dari dua elemen yang berhubungan dengan berat badan, yaitu otot dan lemak. Untuk menambah berat badan berati Anda harus menambah otot atau menambah lemak di tubuh Anda. Tentu pilihan yang sehat untuk menambah berat badan adalah dengan menambah massa otot, bukan lemak.
  2. Orang yang susah gemuk (tipe tubuh ectomorph), tubuhnya sulit untuk menyimpan lemak, sehingga saat ia mengonsumsi makanan tinggi kalori seperti, nasi putih, burger, roti, dan lainnya, hasilnya tetap saja, berat badannya tidak bertambah. Inilah mengapa orang yang susah gemuk berat badannya susah naik meski sudah banyak makan. Lihat lebih lengkap tentang tipe tubuh manusia di artikel “Apakah Anda Tahu Tipe Tubuh Anda?
  3. Menaikkan massa otot adalah solusi yang paling tepat untuk menambah berat badan bagi orang-orang bertubuh kurus, mengingat tubuh mereka tidak bisa menyimpan lemak. Bagaimana cara menambah massa otot? Salah satu caranya adalah dengan latihan beban, yakni dengan melatih otot-otot besar tubuh seperti otot dada, punggung, dan paha.

Makanan untuk Menambah Berat Badan

Untuk menambah berat badan, Anda harus mengonsumsi makanan dengan kandungan nutrisi seimbang, yaitu makanan berprotein tinggi, karbohidrat tinggi, dan lemak sehat.

Sumber Protein
Anda bisa mendapatkan sumber protein hewani seperti dada ayam, tuna, salmon, dan daging segar. Anda juga bisa menambahkan whey protein untuk meningkatkan asupan protein harian Anda. Jika Anda vegetarian tersedia pula sumber protein nabati seperti kacang ijo, kacang tanah, polong, kedelai dan olahannya.

Sumber Karbohidrat
Karbohidrat diperlukan sebagai bahan bakar utama dalam beraktivitas, terutama pada saat Anda latihan beban. Sumber karbohidrat terbaik bisa Anda dapatkan dalam roti gandum, beras merah, dan ubi, yang mengandung karbohidrat kompleks untuk energi lepas berkala.

Sumber Lemak
Untuk menambah berat badan, Anda juga membutuhkan asupan lemak sehat. Lemak sehat bisa Anda dapatkan dari beberapa jenis ikan seperti, salmon, sarden, herring, makarel dan tuna, yang kaya akan asam lemak omega-3. Lemak pada ikan sangat dibutuhkan untuk membantu pertumbuhan, perkembangan fungsi otak, dan mengurangi risiko penyakit kardiovaskular.

Anda juga bisa mengonsumsi buah alpukat sebagai sumber lemak sehat. Selain daging buahnya yang gurih, alpukat juga mengandung lemak baik (HDL). Kandungan lutein pada alpukat berguna untuk meningkatkan kualitas kesehatan mata dan kandungan klorofilnya merupakan sumber antioksidan.

Tambahkan pula susu penambah berat badan (gainer) yang bisa Anda dapatkan dengan mudah di sekitar Anda. Namun pastikan terlebih dulu bahwa gainer yang akan Anda konsumsi telah teruji secara klinis dan aman bagi kesehatan Anda.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s